Sabtu, 03 November 2012

Peran Bimbingan Konseling di SD


Peran penting bimbingan konseling di SD
Keberadaan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar dipandang sangat penting.Bimbingan Konseling berfungsi sebagai alat untuk menunjang  atau mendukung tercapainya kurikulum.Letak perbedaannya adalah pada sistemnya.Apabila di Sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas ,Bimbingan konseling diberikan kepada siswa berupa mata pelajaran.Bimbingan Konseling memiliki alokasi waktu tersendiri selayaknya mata pelajaran pada umumnya.Selain itu bimbingan konseling di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas diberikan oleh guru khusus Bimbingan Konseling.Namun  di Sekolah Dasar,bimbingan konseling  tidak memiliki alokasi waktu tersendiri sebagaimana di SMP dan di SMA.Bimbingan konseling di SD diberikan oleh guru kelas itu bsendiri.Tidak ada guru atau pembimbing khusus
Guru Sekolah Dasar harus memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memberikan bimbingan kepada peserta didiknya. Maka dari itu,kita memperoleh mata kuliah Bimbingan Konseling.Dan untuk lebih memahami tentang bimbingan konseling di Sekolah Dasar ,diperlukan suatu observasi atau tinjauan ke Sekolah Dasar. Bimbingan konseling diberikan kepada siswa tentunya berdasarkan suatu program layanan yang telah disusun dan disepakati oleh guru dan kepala sekolahnya.
Bimbungan konseling diberikan kepada semua siswa tanpa terkecuali.Semua siswa menerima bimbingan konseling ini dengan porsi yang sama.Bimbingan ini biasa dilakukan dengan pola infuse.Yaitu dengan menyisipkan materi-materi bimbingan konseling yang akan disampaikan ke dalam materi-materi mata pelajaran.Misalnya materi bimbingan konseling yang ingin di capai oleh guru adalah melatih kemampuan berkomunikasi siswa.Untuk mewujudkan materi tersebut,dalam proses pembelajaran guru memberikan rangsangan –rangsangan kepada murid ,misalknya berupa pertanyaan –pertanyaan.Setelah melontarkan pertanyaan –pertanyaan tentunya siswa akan menjawabnya.Dengan adanya proses Tanya jawab tersebut,tentunya kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan orang lain mulai terlatih.
Selain itu,bimbingan konseling  juga diberikan dengan memberikan contoh nyata suatu peristiwa dan guru membawa siswa untuk melihat dan menganalisis peristiwa tersebut.Diharapkan dari kegiatan melihat dan menganalisis siswa dapat mengambil pelajaran dan dapat menentukan apa manfaat dan kerugianapa yang akan diperolehnya bila melakukan perbutan seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar